Kategori
Berita

Semarak Bulan Bahasa SMP AL-Irsyad

Juma`t, 20 Oktober 2023
Semarak Bulan Bahasa “Cipta Puisi”

Bulan Bahasa merupakan bulan yang berkaitan dengan sejarah bahasa bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Dalam rangka menyemarakan Bulan Bahasa, Siswa/i SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jakarta Utara mengadakan kegiatan Literasi Cipta Puisi dengan membuat karya yaitu puisi dengan tema “Jayalah Bahasa Indonesia”.

Alasan bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia.

Pada bulan ini, banyak kegiatan seperti lomba menulis puisi, lomba menulis cerpen, lomba pidato, dan perlombaan lain yang berkenaan dengan bahasa diadakan untuk memperkenalkan kepada siswa/i mengenai adanya bulan bahasa dan sastra Indonesia. “saya berharap banyak dari anak-anak yang ikut serta dalam perlombaan tersebut agar bisa mengasah kemampuan berbahasa dan dapat membanggakan sekolah” terang Kepala Sekolah.

Dalam rangka menyemarakan bulan bahasa tersebut siswa-siswi dengan didampingi oleh guru-guru membuat puisi dengan tema “Jayalah Bahasa Indonesia”. Para murid diharuskan menuangkan ide kreatifnya di atas kertas yang telah disediakan oleh sekolah kemudian para murid menghiasnya dengan berbagai stiker ataupun menggunakan spidol warna. tujuan diadakannya Cipta Puisi tersebut agar siswa-siswi dapat mengekspresikan suasana hati melalui kata-kata yang indah dalam puisi.

Guru Bahasa Indonesia Ibu Afifah menambahkan “Semoga dengan mengikuti banyak perlombaan nanti, mampu mengasah keterampilan berbahasa peserta didik SMP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH dan mampu mengekspresikan talenta masing-masing peserta didik, sehingga akan merajut prestasi tanpa henti.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *